Delegation of United Evangelical Mission (UEM) Ggerman Visit Cendika Bangsa

Penyambutan Delegasi UEM

Apa itu UEM?

United Evangelical Mission atau biasa kita sebut dengan UEM merupakan persekutuan international modern gereja yang berdiri sejak tahun 1996. UEM berlokasi di Wuppertal German, kantor regional di Afrika dan Asia tepatnya di Medan.UEM berfungsi sebagai organisasi yang menjembatani perdamaian dunia. UEM tidak hanya beranggotakan orang-orang nasrani, tetapi mereka juga beranggotakan orang-orang muslim. Tiap anggota UEM mendukung satu sama lain melalui pertukaran personil dan bantuan keuangan. Mereka memiliki misi bekerja untuk hak-hak perempuan dan anak-anak, beasiswa, kerjasama pembangunan, pertemuan antar budaya, dan dukungan proyek.

UEM & CENDIKA BANGSA?

Tahun ini UEM bekerja sama dengan GKJW Balewiyata malang mengadakan “International Interfaith Dialog” dengan tema “Apa yang memisahkan, apa yang menyatukan?”, yang diselenggarakan pada tanggal 16 Februari s/d 28 Februari 2015. Peserta dialog berasal dari 15 warga german (muslim-kristen) dan 10 warga Indonesia (muslim-kristen). Indonesia yang memiliki toleransi antar umat beragama dan rasa kebersamaan yang kuat dijadikan dasar untuk bisa saling belajar bagaimana perbedaan budaya (German-Indonesia) dan perbedaan agama (Muslim-Kristen) dapat disatukan. Dengan tujuan utama terciptanya perdamaian dunia.

Saya sebagai salah satu selegasi muslim Indonesia pada Interfaith Dialog tersebut, bangga dengan SMK Cendika Bangsa bisa menjadi salah satu sekolah kunjungan. SMK Cendika Bangsa merupakan sekolah yang memiliki toleransi antar umat beragama yang begitu terbuka. Meskipun sekolah ini berbasis Islam tetapi banyak sekali siswa yang beragama non muslim yang menuntut ilmu di sekolah ini. Hal ini yang menjadi dasar para delegasi UEM untuk datang di SMK Cendika Bangsa.
TIdak berhenti sampai disitu saja, masih banyak hal yang di diskusikan dalam kunjungan ini. Dimulai dari hal-hal kecil bagaimana kebebasan menggunakan seragam berkerudung untuk siswa non muslim, materi pelajaran untuk tiap-tiap agama, testimoni siswa-siswi muslim dan non muslim, sistem pendidikan yang diterapkan hingga rencana kerjasama kedepan untuk students exchange program. Semua itu membuktikan bahwa kami memiliki semangat dan komitmen dalam menjalin hubungan baik antara muslim dengan Kristen ataupun pemeluk agama yang lainnya. Sambutan hangat dari SMK Cendika Bangsa juga membawa kesan positif bagi semua delegasi ditambah lagi dengan jamuan produk jamu tradisional yang disajikan. Harapan kami semoga kedepan kerjasama ini akan tetap berlanjut. Berawal dari hal-hal kecil untuk bisa mewujudkan perdamaian dunia.

Sesi foto bersama delegasi UEM - SMK Cendika Bangsa
Sesi foto bersama delegasi UEM – SMK Cendika Bangsa

Ayu Septiana

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s