Penerapan metode ceramah bervariasi dengan model pembelajaran talking chips untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang

Werdiningtyas, Tatas
Pembimbing    : 1. H. Suharto ; 2. I Nyoman Suputra

Penerbitan    2012, S1 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran.

Label    Rs 659.2076 WER p

Subyek

1. KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN – PRESTASI BELAJAR
2. KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN – PEMBELAJARAN

Abstrak

Kata Kunci: ceramah bervariasi, talking chips, minat belajar, hasil belajar

Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh dua komponen penting, yaitu siswa dan guru. Hasil observasi menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar mata pelajaran menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan, guru menerapkan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Namun dengan metode ini hasil belajar yang diperoleh siswa kurang memberikan hasil yang maksimal. Selain itu dalam pembelajaran siswa juga memiliki minat belajar yang kurang. Oleh karena itu diperlukan metode yang sesuai untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah bervariasi dengan model pembelajaran talking chips. Penelitian ini menggunakan rancangan tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa kelas X APK. Instrumen yang digunakan adalah angket minat, lembar aktivitas guru, tes belajar kognitif, wawancara, dan catatan lapangan. Data hasil penelitian dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peningkatan minat dan hasil belajar siswa diketahui dengan membandingkan rata-rata skor minat dan hasil belajar siswa pada saat pra-tindakan, siklus I, dan siklus II.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ceramah bervariasi dengan model pembelajaran talking chips dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dari pra-tindakan sampai siklus II. Minat belajar pra-tindakan diperoleh persentase keberhasilan sebesar 59.7% dengan skor rata-rata minat belajar 24 menjadi 73.5% dengan skor rata-rata minat belajar sebesar 29 pada siklus I, dan 86.1% pada siklus II dengan skor rata-rata minat belajar 34. Sedangkan hasil belajar siswa pada pra-tindakan diperoleh persentase keberhasilan 66.7% dengan nilai rata-rata sebesar 71.4 (16 siswa tuntas belajar) meningkat menjadi 70.8% dengan nilai rata-rata sebesar 78.5 (17 siswa tuntas belajar). Pada siklus II persentase keberhasilan sebesar 95.8% dengan nilai rata-rata siswa 84.8 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 23 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui metode ceramah bervariasi dengan model pembelajaran talking chips dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang diberikan oleh peneliti adalah (1) Guru mata pelajaran sebaiknya mulai mencari inovasi model pembelajaran, tidak hanya menggunakan ceramah namun dapat divariasikan dengan pembelajaran kooperatif salah satunya Talking Chips, (2) Peneliti lain dapat menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran namun dapat divariasikan dengan komponen yang lain, diantaranya: gerak, bahan sajian, dan atau media.

Sumber : http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=58471

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s