BNP2TKI Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri Bagi SMK Berbasis Pesantren di Malang

Malang, BNP2TKI, Jumat  (15/5) – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melakukan Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri Bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Berbasis Pesantren di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sosialisasi yang dilakukan di SMK Cendika Bangsa, Pesantren Interpreuner Nurul Hikmah Kepanjen, Malang, ini diikuti oleh 112 SMK se-Jawa Timur, pada Kamis, 14/5.

Sosialisasi dihadiri sekitar 350 orang/peserta terdiri dari para Ketua Yayasan, Kepala SMK, Komite Sekolah se-Provinsi Jawa Timur, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS).

Direktur Sosialisasi dan Kelembagaan Penempatan BNP2TKI, Yana Anusasana, dalam sambutannya mengatakan tujuan sosialisasi ini adalah dalam rangka meningkatkan peluang kerja sektor formal, serta untuk membangun jejaring kemitraan persediaan calon TKI skill di SMK berbasis pesantren. Selain itu, untuk mendapatkan gambaran penempatan TKI serta kondisi permasalahan yang dihadapi di luar negeri sebagai bahan masukkan dalam pelaksanaan program penempatan tahun mendatang.

“Dalam acara sosialisasi ini juga terdapat stand PPTKIS. Sehingga jika ada peserta yang tertarik bisa langsung mendaftar pada PPTKIS,” jelasnya.

Yana Anusasana menyatakan dalam rangka meningkatkan penempatan dan perlindungan tenaga kerja skill/professional, BNP2TKI senantiasa berupaya melakukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi dengan institusi/lembaga penyedia calon tenaga kerja skill/professional guna merespon permintaan kebutuhan tenaga kerja skill/professional di Luar Negeri. Salah satunya melalui kegiatan Sosialisasi Peluang Kerja di Luar Negeri Bagi SMK Berbasis Pesantren ini.

“Pada Tahun 2015, BNP2TKI sudah 3 (tiga) kali melakukan sosialisasi kepada SMK berbasis Pesantren yaitu di Bandung, Jawa Barat; Kudus, Jawa Tengah; dan Malang, Jawa Timur. Sosialisasi ini penting dilakukan untuk memberikan informasi peluang kerja Luar Negeri terutama pada sektor formal,” ujarnya.

Sejalan dengan itu, lanjut Yana Anusasana, BNP2TKI merespon secara serius untuk menyiapkan CTKI yang berkualitas dan kompeten sesuai dengan permintaan para pengguna. Dengan konsolidasi dan koordinasi dalam bentuk penyelenggaraan sosialisasi penempatan dan perlindungan TKI dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya, dengan harapan adanya harmonisasi antara pusat, daerah dalam rangka penempatan dan perlindungan TKI serta Peningkatan Peluang Kerja Sektor Formal.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Direktur Mediasi dan Advokasi Teguh Hendro Cahyono, Direktur Promosi Anjar Prihantoro, Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah R Hariyadi Agah, Kepala UPT-P3TKI Surabaya Agus Heri S, Kepala LP3TKI Surabaya Cipto Utomo, Sekdis Kabupaten Malang Sutrisno dan sejumlah pimpinan Pesantren Entrepreneur Nurul Hikmah.*** (Humas – Hapipi)

Sumber : http://www.bnp2tki.go.id/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s