9K : memupuk kepedulian

9K_sarpras

Sudah menjadi pikiran umum di setiap sekolah bahwa penentuan bidang pekerjaan harus tegas dan jelas, seperti juga kecenderungan analitik yang memisahkan – misahkan masalah untuk kemudian diselesaikan secara terpisah -pisah pula. Model ini tentu saja tidak sepenuhnya salah, apalagi jika sekolah dimaksud mempuyai sumber daya yang besar, jumlah siswa, guru, sarana, prasarana. Pemisahan bidang pekerjaan ini juga berakibat terhadap perbedaan dan pemisahan yang tajam terhadap tujuan yang hendak diraih atau dicapai.
Sudah sangat umum jika bidang sarana dan prasarana tidak menyentuh siswa, guru, dan semua pihak yang terlibat disekolah dalam menentukan program kerja dan kebijakannya. Wakil kepala sekolah sarana – prasarana lebih banyak fokus mengurus sarana dan prasarana. Bidang akademik akan fokus terhadap masalah kurikulum, rpp, dan sebagainya, dan seterusnya. Pola inilah yang penulis rasa kurang tepat. Dalam matematika kita mengenal model irisan, artinya suatu himpunan yang bersentuhan dengan dengan himpuanan lainnya bisa jadi ada beberapa bilangan yang sama dari himpunan himpunan tersebut. Demikian juga halnya dengan bidang pekerjaan, semua warga sekolah yang terlibat dalam kegiatan belajar mengajar akan selalu bersinggungan antar sesamanya sehingga membentuk “irisan”. Dengan adanya “irisan” ini bisa jadi pembagian tugas dan wewenang yang jelas dan tegas akan berkurang. Setiap civitas akademik di SMK Cendika Bangsa akan membentuk “irisan -irisan” yang menunjang ketercapaian tujuan sekolah. Setiap warga sekolah harus berfikir dan bertindak sebagai satu kesatuan dan saling terkait satu sama lain.
Dasar pikiran tersebut mendasari penulis dalam menentukan program kerja sarana dan prasarana di SMK Cendika Bangsa Kepanjen, yaitu bahwa pprogram sarpras bukan hanya ansich untuk pengelolaan sarana dan prasarana saja tetapi juga harus berdampak baik secara fisik dan mental pada seluruh civitas akademika SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Program tersebut tertuang dalam 9K pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana yaitu : Keselamatan, Keamanan, Kesehatan, Kebersihan, Ketertiban,Kerapian, Kenyamanan, Keindahan dan Kepedulian. Pikiran utamanya penulis berharap, dengan keterlibatan seluruh pelaku dan pemangku kepentingan di SMK Cendika Bangsa dalam mengelola, menggunakan, merawat sarana dan prasarana dengan pola dan tujuan 9K maka akan tercipta kepedulian terhadap hal hal yang lebih besar. Singkatnya melalui program 9K sarana dan prasarana diharapkan terbentuk kebiasaan kebiasan baik pada siswa, guru, karyawan, dan siapa saja di lingkungan SMK Cendika Bangsa khususnya karakter peduli.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s