Pupuk Mental-Spiritual Siswa di Pondok Ramadan

Para Cendika membagi takjil di kegiatan Pondok Romadhon SMK CB Kepanjen
Para Cendika membagi takjil di kegiatan Pondok Romadhon SMK CB Kepanjen

Sumber : radarmalang.jawapos.com

KEPANJEN– Ramadan tahun ini dimanfaatkan maksimal oleh SMK Cendika Bangsa, Kepanjen untuk mematangkan spiritual siswa. Yakni dengan menggelar Pondok Ramadan selama tiga hari mulai Senin (20/6) hingga Rabu (22/6). Acara tersebut diikuti 421 peserta yang dibadi dalam 19 kelas.

Acara tersebut diawali dengan apel pagi yang dilanjurkan BTQ (baca tulis Alquran) dengan metode An Nasr. Yaitu sebuah pola baca tulis Alquran sekaligus terjemahnya. ”Metode ini merupakan andalan SMK Cendika Bangsa. Sehingga anak-anak tidak hanya bias membaca Alquran, tapi sekaligus mengerti artinya,” ungkap Kepala SMK Cendika Banga Kepanjen, Rachmat Farich.

Selain BTQ An Nasr, lanjutnya, selama pondok Ramadan, siswa juga dibekali dengan materi akhlak dan fiqih. Berikut salat tarawih berjamaah yang dilanjutkan tadarus. Juga pemutaran film tentang pendidikan social serta materi caracter building. Tak lupa qiyamul lail atau bangun di sepertiga malam untuk beribadah. ”Sebelum acara buka bersama, semua siswa diajak bagi-bagi takjil,” tambahnya.

Rachmat menjelaskan, Pondok Ramadan tahun ini bertujuan mengembangkan mental dan spiritual siswa. Sekaligus menumbuhkan jiwa sosial melalui aksi bagi-bagi takjil kepada masyarakat. Harapannya, siswa lebih tahu tugas dan kewajibannya. (art/nen)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s