Sekolah ala rumah sakit, spp ala bpjs

setiyo budi's blog

Ada pepatah yang mengatakan “pengalaman adalah guru yang baik”, minimal itu yang bisa saya rasakan. Orang tua saya saya sakit, dan harus dirawat dirumah sakit dalam waktu yang agak lama, serta berulang perawatannya. Saya patut bersyukur ada program bpjs kesehatan dan dokter di RSSA Malang yang baik yang menyarankan dan meyakinkan agar menggunakan layanan tersebut. Namun tulisan ini bukan membahas tentang tema tersebut, namun analogi rumah sakit dengan sekolah dan pembayaran biaya pendidikan, biasa disebut spp atau banyak sebutan lain, dengan model bpjs kesehatan dari sudut pandang pengalaman saya pribadi.
Orang yang sedang sakit saya analogikan sebagai orang yang belum menerima pendidikan, sebenarnya ada banyak potensi yang bisa dilakukan tetapi dia tidak bisa melakukannya, karena sakit itu. Dalam khasus seorang anak yang sedang belajar, ia belum sadar dengan kemampuannya dan tugas para guru untuk menyadarkan, mengasah, membangkitkan, menunjukkan kemampuan anak tersebut. Sama halnya dengan seorang dokter yang berusaha mengobati si…

View original post 389 more words

Leave a Reply

